Rabu, 30 Desember 2009

Apple Blokir DALAI LAMA

Beijing - Apple telah memblokir aplikasi di China yang membawa nama tokoh spiritual dan pemimpin Tibet, Dalai Lama. Dengan pemblokiran ini, Apple menjadi perusahaan terakhir yang menyensor layanannya sendiri di negara tirai bambu itu.

Setidaknya ada 5 aplikasi yang disensor di China. Beberapa di antaranya bernama Dalai Quotes, Dalai Lama Quotes dan Dalai Lama Prayerwheel. Aplikasi lainnya bernama Paging Dalai Lama, isinya memberitahukan kepada para user di mana ia mengajar, sedangkan Nobel Laureates -- aplikasi lainnya -- berisi infromasi mengenai pemenang hadiah Nobel, termasuk Dalai Lama.

Dikutip detikINET dari PC World, Rabu (30/12/2009), aplikasi-aplikasi ini sebenarnya bisa didapat di App Store versi negara-negara di luar China. Hanya di China sendiri mereka tidak nongol. "Kami mencoba untuk mematuhi undang-undang lokal," ujar juru bicara Apple, Trudy Muller.

Aksi Apple dalam menyensor aplikasinya di China ini mengikuti jejak raksasa-raksasa teknologi Amerika lainnya, termasuk Yahoo dan Google. Mereka harus tunduk pada pemerintah China yang ketat terhadap isu-isu politik sensitif.

Sejumlah 'perlakuan khusus' diterapkan untuk peselancar dunia maya yang berbasis di China, seperti pelarangan penonaktifan layanan safe search di mesin pencarinya.
( fyk / ash ) 

stop korupsi dan suap di indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar

 

©  Copyright by Blog Fendi Ta | Template by Blogger Templates | Stop Korupsi Dan Suap di Indonesia | Komodo Island as the NEW 7 Wonders of the World