Selasa, 05 Januari 2010

Memahami Cara Kerja Virus

Virus merupakan suatu program,suatu tool kecil yang bersifat merusak file atau sistem komputer, saat ini banyak virus yang bermunculan di dunia internet yang bermacam-macam jenisnya dan cara kerjanya pun berbeda...bagi sebagian orang mungkin mengangap virus komputer sepele padahal virus sekarang banyak yang merusak SO dan mengadaptasi file-file kita.
berikut jenis-jenis dan cara kerjanya sebuah virus:
1. VIRUS FILE
Cara kerja virus ini adalah menginfeksi aplikasi atau dokumen yang berada di komputer. ketika aplikasi yang terinfeksi di jalankan maka virus tersebut akan langsung menyebar dengan menginfeksi file-file dokumen yang di akses oleh aplikasi tersebut.

2. Virus Boot Sector
Cara kerja virus ini adlah menginfeksi bootsector harddisk ( Boot sector adalah bagian dalam harddisk yang pertama kali di akses saat komputer di hidupkan) so jika virus tersebut aktif secara otomatis komputer tidak bisa di boot secara normal.

3. Virus E-Mail
Cara kerja penyebaran virus ini melalui email biasanya dalam bentuk lampiran/attachment, ciri khusus virus ini berupa ekstensi .scr, .exe, .pif or .bat.
ketika sedang aktif virus tersebut akan menyebarkan dirinya secara otomatis pada alamat email yang ada di buku alamat pengguna atau countac.

4. Virus Multipartite
Virus ini merupakan virus gabungan/kombinasi dari Virus File dan Virus Bootsector, Virus seperti inilah yang menimbulkan banyak masalah sudah menginfeksi file-file kita menyerang bootsector hard disk kita lagi kepala jadi puyeng nich.hehehehe ^^

5. Virus Polimorfis
Virus satu ini berbeda dengan yang lain cara kerja virus ini yaitu mengubah kode dirinya (berganti wujud) ketika menyebarkan diri ke komputer lain jenis virus ini sulit terdeteksi di sebabkan sifatnya berubah-ubah.

6. Virus Siluman
Cara kerja Virus ini adalah menyembunyikan dirinya dengan membuat file yang terinfeksi seolah-olah tidak terinfeksi.

7. Virus Makro
Virus ini menginfeksi file microsoft office biasanya dokumen yang terinfeksi virus ini akan memodifikasi perintah-perintahnya seperti save bila di jalankan virus tersebut akan menyebarkan dirinya.

Hati-hati kawan dengan virus-virus seperti ini masih ada lagi yang belum saya sebutkan salah satunya virus trojan yang sifatnya pencuri......


2 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

amankan pertamax dulu..... sip dah artikelnya setidaknya bisa lebih berhati2 u/ para pengguna komputer

Administrator mengatakan...

ah ha harus berhati-hati dengan virus-virus komputer sekarang makin ganas

Posting Komentar

 

©  Copyright by Blog Fendi Ta | Template by Blogger Templates | Stop Korupsi Dan Suap di Indonesia | Komodo Island as the NEW 7 Wonders of the World